Hubungan Antara Trigatra dan Pancagatra dengan Wawasan Nusantara Lengkap!!!

MedolsaPedia | Antara Trigatra dan Pancagatra serta antar gatra terdapat hubungan timbal balik yang erat yang dinamakan korelasi dan independensi.
Disini admin akan menjabarkan hubungan antara trigatra dan pancagatra secara lengkap sebagai berikut:

   Hubungan antara Trigatra dan Pancagatra yaitu sebagai berikut :


  1.  Ketahanan nasional pada hekikatnya bergantung pada kemampuan bangsa dan negara didalam mendayagunakan secara optimal gatra alamiah (trigatra) sebagai modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional (pancagatra).
  2. Ketahanan nasional adalah satu pengertian holistik ,yaitu suatu tatanan utuh, menyeluruh, dan terpadu, dimana terdapat hubungan antar gatra dalam keseluruhan kehidupan nasional. 
  3. Kelemahan pada salah satu aspek berakibat kelemahan pada gatra lain dan berpengaruh kepada kondisi keseluruhan. Sebaliknya kekuatan dari salah satu atau beberapa gatra dapat didayagunakan untuk memperkuat gatra lainya yang lemah dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan. 
  4. Ketahanan nasional bukan merupakan kondisi hasil penjumlahan dari ketahanan bidang disegenap gatranya, melainkan resltante keterkaitan yang intergratif dari kondisi-kondisi kehidupan bangsa dibidang ideologi, ekonomi, sosial bidaya, dan pertahanan keamanan.
Baca Juga:




   Sebungan antar gatra dapat dikemukakan sebagai berikut :

  1.  Gatra geografi, karakter geografi sangat mempengaruhi jenis, kualitas, dan persebaran kekayaan alam dan sebaliknya, kekayaan alam dapat mempengaruhi karakter geografis.
  2. Antara gatra geografis dan gatra kependudukan, bentuk-bentuk kehidupan dan penghidupan serta persebaran penduduk sangat erat kaitanya dengan karakter geografi dan sebaliknya karakter geografis mempengaruhi kehidupan dari penduduknya. 
  3. Antara gatra kependudukan dan gatra kekayaan alam, kehidupan dan penghidupan sangat dipengaruhi oleh jenis, kualitas, dan kuantitas serta persebaran kekayaan alam. Demikian sebaliknya jenis, kualitas, kuantitas dan persebaran kekayaan alam dipengaruhi oleh faktor-faktor kependudukan khususnya kekayaan alam yang dapat diperbahari.
  4. Hubungam antar gatra dalam pancagatra: setiap gatra dalam pancagatra memberikan konstribusi tertentu pada gatra-gatra lainya dan sebaliknya setiap gatra menerima kostribusi dari gatra-gatra secara terintegrasi. Dalam pancagatra dapat dibagi menjadi 5 aspek yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan yang akan admin jabarkan hubungannya antara aspek yang satu dengan yang lainya.

   • Antara gatra ideologi dengan gatra lainya.
   Maka arti ideologi sebagai falsafah bangsa dan landasan ideologi negara. Ideologi merupakan nilai penentu bagi kehidupan nasional yang meliputi seluruh gatra dalam pancagatra dalam memelihara kelangsungan hidup bangsa dan pencapaian tujuan nasional.
   • Antara gatra politik dengan gatra lainya
   Berarti kehidupan politik yang mantap dan dinamis menjalankan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk mengembangkan ekonomi,sosial budaya dan HanKam. Kehidupan politik bangsa dipengaruhi oleh macam-macam hal yang satu dengan yang lain saling berkaitan. Ia dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dan kesadaran politik, tingkat kemakmuran ekonomi, ketaatan beragama, keakraban sosial dan rasa keamanan.
   • Antara gatra ekonomi dengan gatra lainya
   Berarti kehidupan ekonomi yang tumbuh mantap dan merata, akan meyakinkan kebenaran ideologi yang dianutnya. Medinamisir kehidupan politik dan perkembangan sosial budaya serta mendukung pengembangan pertahanan dan keamanan. Keadaan ekonomi yang stabil, maju, dan merata menunjang stabilitas dan peningkatan ketahanan aspek lain.

Baca Juga: Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian Republik Indonesia

   • Antara gatra sosial budaya dengan gatra lainya
   Dalam arti kehidupan sosial budaya yang serasi, stabil, dinamis, berbudaya dan berkepribadian , akan meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk kehidupan politik yang berbudaya, kehidupan ekonomi yang tetap memperhatikan kebersamaan serta kehidupan pertahanan dan keamanan yang menghormati hak-hak individu.
   • Antara gatra Pertahanan dan Keamanan dengan gatra lainya
   Berarti kondisi kehidupan pertahanan dan keamanan yang stabil dan dinamis akan meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk mengembangkan kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya. Keadaan pertahanan dan keamanan yang stabil, dinamis, maju dan berkembang diseluruh aspek kehidupan akan memperkokoh dan menunjang kehidupan ideologi, politik, sosial budaya.

Astagatra dalam pendekatan kesejahteraan dan keamanan mempunyai peranan tergantung dari sifat-sifat setiap gatra.
1). Gatra alamiah mempunyai peranan sama besar baik untuk kesejahteraan maupun keamanan.
2). Gatra ideologi, politik dan sosial budaya mempunayi peranan sama besar untuk kesejahteraan dan keamanan.
3). Gatra ekonomi relatif mempunyai peranan lebih besar untuk kesejahteraan daripada peranan untuk keamanan.
4). Gatra pertahanan dan keamanan relatif mempunyai peranan lebih besar untuk keamanan daripada peranan untuk kesejahteraan.

   Nah sobat, itulah artikel saya mengenai hubungan antara Trigatra dan Pancagatra. Lengkap kan? Jika masih belum paham bisa ditanyakan dikolom komentar...
Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hubungan Antara Trigatra dan Pancagatra dengan Wawasan Nusantara Lengkap!!!"