Aspek-Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

MedolsaPedia | Pancagatra adalah aspek-aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat dan bernegara dengan ikatan-ikatan, aturan, norma-norma tertentu. Baca juga materi yang bersangkutan tentang
 Aspek-Aspek Trigatra
   Berikut adalah Aspek-Aspek Pancagatra:

a). Ideologi
   • Ideologi suatu negara diartikan sebagai guilding of peinciples atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa.
   • Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita.
   • Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta ingin diperjuangkan dalam kehidupanya.
   • Ideologi dapat dijabarkan kedalam nilai kehidupan yaitu serangkaian nilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran dan doktrin.

Baca Juga:
• Kumpulan Lirik Lagu Persebaya Surabaya - Bonek Mania

   Prinsip yang harus diperhatikan dalam pembinaan ideologi :
1). Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh WNI.
2). Ideologi sebagai perekat pemersatu harus ditanamkan pada seluruh WNI.
3). Ideologi harus dijadikan panglima.
4). Aktuakisasi ideologi dikembangkan kearah keterbukaan dan kedinamisan.
5). Ideologi pancasila mengakui keanekaragaman dalam kehidupan berbangsa dan dijadikan alat untuk mensejahterakan dan mempersatukan masyarakat.
6). Kalangan elit eksekutif, legislatif, dan yudikatif harus mewujudkan cita-cita bangsa dengan melaksanakan UUD 1945 dengan mengedepankan kepentingan bangsa.
7). Mensosialisakikan pancasila sebagai ideologi humanis, relejius, demokratis, nasionalis, dan berkeadilan.
8). Menumbuhkan sikap positif terhadap warga negara dengan meningkatkan motivasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

b). Politik
   Politik diartikan sebagai asas, haluan atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Kehidupan politik dapat dibagi kedalam 2 sektor yaitu sektor masyarakat yang memberi input (masukan) dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output (keluaran).
   Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukan kehidupan politik dinegara yang bersangkutan. Upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan ketahanan dibidang politik adalah upaya untuk mencari keseimbangan dan keserasian antara keluaran dan pemasukan berdasarkan pancasila yang merupakan cerminan dari demokrasi pancasila.

c). Ekonomi
   Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. Upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas prduksi dan kelancaran barang dan jasa merata keseluruh wilayah negara. Upaya untuk menciptakan ketahanan ekonomi adalah melalui sistem ekonomi yang diarahkan untuk kemakmuran rakyat.

BACA JUGA: TUGAS DAN WEWENANG PRESIDEN, WAPRES, MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, DAN KY LENGKAP

d). Sosial Budaya
   • Sosial budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamika budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG). Gangguan dapat datang dari dalam maupun luar, baik secara langsung maupun tidak langsung yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
   • Esensi ketahanan budaya adalah pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan sosial budaya. Ketahanan budaya merupakan pengembangan kemampuan pribadi dengan segenap potensinya berdasarkan nilai-nilai pancasila.

e). Pertahanan dan Keamanan
   • Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamika dalam kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan identitas,integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
   • Ketahanan dibidang keamanan adalah ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, dimana seluruh IPOLEKSOSBUDHANKAM disusun, dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi untuk menjamin terselenggaranya sistem ketahanan nasional.

Prinsip-Prinsip Ketahanan Nasional antara lain :
1). Bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan.
2). Pertahanan dan Keamanan berlandaskan pada landasan ideal yaitu pancasila sebagai landasan konstitusional UUD 1945 dan landasan visional adalah Wawasan Nusantara.
3). Pertahanan keamanan negara merupakan upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional.
4). Pertahanan dan keamanan diselenggarakan dengan sistem pertahanan dan keamanan nasional (SISHANKAMRATA).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aspek-Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara"

Post a Comment