Aspek-Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

MedolsaPedia | Konsepsi Wawasan Nusantara merupakan suatu konsep didalam cara pandang dan pengaturan yang mencakup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan Astagatra. Yang meliputi aspek alamiah (Trigatra) dan aspek sosial (Pancagatra). Disini admin hanya akan membahas tentang aspek Trigatra, jika sobat ingin membaca tentang aspek Pancagatra, sobat bisa membacanya di artikel saya yang lain yaitu di....(Aspek-Aspek Pancagatra).

1. Aspek- Aspek Trigatra

a). Letak dan bentuk Geografis
    • Letak Geografis wilayah Indonesia dalam peta dunia, wilayah negara merupakan suatu kepulauan yang yang menurut wujud kedalam terdiri dari daerah air dengan ribuan pulau-pulau didalamnya. Dalam bahasa asing disebut sebagai archipelago kelvar. Kepulauan itu merupakan archipelago yang terletak diantara benua Australia disebelah selatan dan benua Asia di sebelah utara serta samudra Hindia disebelah barat dan samudra Pasifik disebelah timur.
    • Indonesia terletak pada 6° LU- 11° LS, 95° BT-141° BT yang ditengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.

Baca Juga:



b). Keadaan dan Kemampuan Penduduk
    Penduduk adalah kelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Adapun faktor penduduk yang mempunyai ketahanan nasional adalah sebagai berikut:
1). Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk
    Jumlah penduduk berubah karena kematian, kelahiran, pendatang baru, dan orang yang meninggalkan wilayahnya. Segi positif dari pertambahan penduduk ialah pertambahan angkatan kerja (man power) dan pertambahan tenaga kerja (Labour force). Segi negatifnya apabila pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti dengan usaha peningkatan kualitas penduduk.
2). Faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk
    Komposisi adalah susunan penduduk menurut umurnya, kelamin, agama, suku bangsa, tingkat pendidikan. Susunan penduduk dipengaruhi oleh mortalitas, fertilitas, dan migrasi. Fertilitas sangat berpengaruh besar terhadap umur dan jenis penduduk golongan muda yang dapat menimbulkan persoalan penyediaan fasilitas pendidikan, perluasan lapangan kerja.
3). Faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk
    Distribusi penduduk yang ideal adalah distribusi yang dapat memenuhi persyaratan kesejahteraan dan keamanan yaitu gambaran umum penyebaran merata. Oleh karena itu memberikan kebijaksanaan yang mengatur penyebaran produk, misalnya dengan cara transmigrasi, mendirikan pusat-pusat pengembangan(Growth conters), Pusat-pusat industri . kemampuan penduduk dapat menimbulkan ancaman terhadap pertahanan nasional.

c). Keadaan dan kekayaan alam
    Sumber alam yang berlimpah ruah. Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebaranya tidak merata. Sehingga menimbulkan ketergantungan dari negara dan bangsa lainya. Sumber Daya Alam ada dua yaitu SDA dapat diperbarui dan SDA tidak dapat diperbarui.
    Sumber Daya Alam harus diolah atau dimanfaatkan dengan berprinsip asa maksimal, lestari, dan berdaya saing.
1). Asas maksimal artinya sumber daya alam yang dikelola dan dimanfaatkan harus benar-benar maksimal.
2). Asas lestari artinya pengelolaan sumber daya alam tidak boleh menimbulkan kerusakan alam.
3). Asas berdaya saing artinya bahwa hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam lainya.

    Nah sobat, itulah artikel saya seputar Aspek-aspek trigatra dalam wawasan nusantara. Semoga bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aspek-Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara"

Post a Comment