Syarat Untuk Mengimplementasikan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

MedolsaPedia | Syarat Untuk Mengimplementasikan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik


1. Terwujudnya akuntabilitas publik, sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah harus dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

2. Mewujudkan efisiensi dalam menegemen dalam sektor publik, antara lain memperkenalkan tehnik-tehnik manajemen perusahaan dilingkungan administrasi pemerintah negara, dan melakukan desentralisasi administrasi pemerintah.

3. Adanya sistem informasi yang menjamin akses masyarakat terhadap berbagai kebijakan dan atau informasi yang bersumber baik dari pemerintah maupun dari elemen swasta seperti LSM.

4. Tersedianya perangkat hukum yang memadai berupa peraturan perundang-undangan yang mendukung tersedianya sistem pemerintahan yang baik.

5. Adanya transparansi dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya sehingga hak-hak masyarakat untuk mengetahui (right to information) keputusan pemerintah terjamin.

Info kewarganegaraan:

a. Salah satu wujud pemerintahan yang baik yaitu citra pemeintahan yang demokratis merupakan landasan terciptanya tata pemerintahan yang baik. Pemerintahan yang demokratis merupakan landasan terciptanya tata pemerintahan secara terbuka terhadap kritik dan kontrol masyarakat.

b. Wujud implementasi pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang transparan, adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan dan profesionalitas, akuntabilitas, dalam setiap kegiatan penyelenggaraan negara.

Sobat MedolsaPedia, itulah syarat untuk mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik..

#Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat Untuk Mengimplementasikan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik"

Post a Comment