11 Ciri-Ciri Tempat yang Strategis untuk Mendirikan Usaha

MedolsaPedia | 11 Ciri-Ciri Tempat yang Strategis untuk Mendirikan Usaha


Sobat MedolsaPedia, salah satu persiapan dalam pendirian sebuah usaha adalah menentukan lokasi atau tempat usaha yang akan anda kelola. Namun, dalam menentukan tempat usaha pastilah tidak semudah yang anda pikirkan. Tempat usaha harus memenuhi beberapa persyaratan agar usaha atau bisnis dapat berjalan dengan lancar dan dapat sukses. Tempat usaha yang baik bisa disebut dengan tempat usaha yang strategis. Lalu apa sih pengertian tempat usaha yang strategis itu?

Tempat usaha yang strategis adalah tempat untuk melakukan usaha yang memperhatikan pemilik usaha dan calon pelanggan-pelanggannya.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi usaha tersebut adalah:

1. Letak Strategis
Yang dimaksud letak yang strategis adalah seperti yang telah saya jelaskan diatas yaitu tempat yang memperhatikan pemilik usaha dan calon-calon pelanggannya. Artinya tempatnya mudah dijangkau oleh pelanggan dan mudah dikelola oleh pemilik usaha. Contohnya saja, jika anda ingin mendirikan usaha fotokopi, maka sebaiknya berada disekitar lingkungan sekolah, karena disitulah biasanya banyak orang yang membutuhkan jasa anda.

2. Dekat dengan bahan dasar
Yap, dekat dengan bahan dasar. Dekat dengan bahan dasar pastinya akan memudahkan anda dalam mengelola bisnis anda. Karena dengan begitu anda bisa mengurangi biaya produksi, karena jika bahan dasar dekat akan lebih murah harganya karena biaya transport lebih murah.

3. Dekat dengan Pasar atau Konsumen
Dekat dengan pasar atau konsumen pastinya akan memberikan banyak keuntungan untuk usaha anda. Karena anda tidak akan bingung menjual produk atau jasa anda. Jika tempat usaha anda dekat dengan konsumen pastinya produk atau jasa anda akan mudah dijangkau oleh pasar atau konsumen. Walaupun tidak menutup kemungkinan anda akan menjajakan produk anda ke wilayah yang lebih luas bahkan luar negeri atau sering disebut ekspor.

4. Tenaga Kerja mudah didapat
Tempat kerja yang dekat dengan tenaga kerja juga penting bagi bisnis anda. Jika tenaga kerja tinggal dekat dengan bisnis anda maka akan memberikan kenyamanan tersendiri kepada tenaga kerja anda karena mereka tidak perlu jauh-jauh untuk mencari nafkah setiap harinya, sekaligus bisa mengurangi pengangguran disekitar wilayah tersebut.

5. Biaya Transportasi Murah dan Mudah
Hal ini masih berkaitan dengan faktor yang sebelumnya yaitu dekat dengan bahan baku dan konsumen. Dengan begitu transportasi akan lebih murah dan mudah.

6. Daya beli Konsumen cukup potensial
Dalam menentukan tempat usaha kita juga harus memperhatikan siapa target konsumen kita. Misalnya anda usaha menjual bibit pertanian, maka carilah tempat yang sebagian besar orang diwilayah tersebut adalah petani, maka produk anda tidak akan kesulitan mendapatkan pembeli.

7. Fasilitas Pemerintah yang Mendukung
Fasilitas pemerintah yang mendukung sangat banyak., Contohnya saja akses jalan. Hal tersebut akan mempermudah pengelolaan bisnis anda.

8. Tempatnya Sejuk, Nyaman, dan Terjaga Kebersihannya
Tempat yang sejuk, nyaman, dan terjaga kebersihannya akan membuat siapapun nyaman berada ditempat bisnis anda. Baik itu anda sendiri, karyawan, ataupun konsumen. Hal itu akan memberi nilai lebih untuk usaha anda.

9. Fasilitas parkir yang luas
Tempat parkir yang kuas akan memberikan menyamanan dan kepuasan kepada konsumen anda. Kepuasan konsumen adalah hal yang penting untuk suatu usaha.

10. Fasilitas Infrastruktur terpenuhi seperti listrik, telepon, dan akses menuju lokasi usaha mudah

11. Pertimbangan harga sewa tau kontrak jika tempatnya menyewa atau kontrak

Biasanya calon pendiri usaha sudah menetapkan tempat usaha didalam rencana usahanya berdasarkan pertimbangan faktor-faktor diatas. Oleh sebab itu calon pendiri usaha tinggal mempersiapkan tempat usaha yang akan digunakan untuk tempat usaha.  Keputusan mengenai tempat usaha apakah dengan membangun gedung sendiri, menyewa, atau dirumah sendiri tentunya harus dipersiapkan dengan matang dengan segala konsekuensinya.

a. Membangun Gedung untuk Tempat Usaha
   Membamgun gedung untuk tempat usaha memiliki konsekuensi harus memiliki modal yang banyak untuk investasi gedung. Calon pendiri usaha harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membangun gedung tempat usahanya dan membutuhkan waktu yang lama. Tetapi dengan memiliki tempat usaha sendiri pemilik usaha memiliki beberapa keuntungan antara lain tempat usaha bisa permanen, lay out bisa diubah sesuai dengan seler pemilik dan pemilik usaha bisa fokus menjalankan usaha karena tempatnya terpisah dari rumah.

b. Menyewa/Kontrak
   Menyewa gedung atau ruangan untuk bisnis memerlukan biaya yang lebih kecil daripada membangun atau membeli gedung. Ini juga lebih fleksibel karena apabila menyewa gedung maka akan lebih mudah untuk pindah tempat. Tetapi dengan menyewa tempat usaha membuat keamanan tempat usaha tidak terjamin.

c. Dirumah Sendiri
   Menjalankan usaha dirumah sendiri adalah pilihan yang paling murah. Tempat ini menjadi pilihan alternatif yang terbaik untuk memulai bisnis sampai pemilik usaha mengetahui apakah usahanya akan berhasil. Tempat ini juga memudahkan pemilik usaha untuk mempromosikan usahanya karena berada disekitar tetangganya yang sudah kenal pastinya. Tetapi kelemahannya sulit untuk memisahkan bisnis dengan keluarga.

Sekian artikel dari saya...

#Semoga Bermanfaat...






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Ciri-Ciri Tempat yang Strategis untuk Mendirikan Usaha"

Post a Comment