FAKTOR PENDORONG TERJADINYA HUBUNGAN SOSIAL - IPS SMP KELAS 8

MedolsaPedia | FAKTOR PENDORONG TERJADINYA HUBUNGAN SOSIAL - IPS SMP KELAS 8

Dorongan manusia untuk hidup berkelompok, selain karena faktor kebutuhan yang timbul dari dalam dirinya yang tercakup dalam kebutuhan yang mendasar, kebutuhan sosial dan kebutuhan integratif, juga manusia memiliki naluri untuk selalu hidup berdama dengan orang lain, yang disebut gregariousness. Jadi, ada faktor-faktor dasar manusia untuk hidup bersama dengan orang lain, yaitu sebagai berikut.


1. DORONGAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN
Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh dirinya sendiri, akan tetapi perlu bantuan orang lain. Dengan keterbatasan tersebut maka diperlukan kerja sama dengan orang lain sehingga tetjadilah hubungan sosial.

2. DORONGAN UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP
Manusia berusaha mempertahankan hidupnya antara lain dengan hidup berkelompok. Dengan hidup berkelompok dapat secara bersama-sama mengatasi bahaya yang mengancam sehingga dapat mempertahankan hidupnya.

3. DORONGAN UNTUK MELANGSUNGKAN KETURUNAN
Manusia mempunyai naluri untuk melangsungkan keturunan. Maka manusia harus berusaha hidup dengan orang lain.

4. DORONGAN UNTUK HIDUP BERSAMA ATAU GREGARIOUSNESS
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu ingin hidup bersama dengan orang lain.

Faktor-Faktor yang mendorong terjadinya hubungan sosial dalam suatu masyarakat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. FAKTOR SOSIAL
Manusia merupakan makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tetapi selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dari kebutuhan akan hidup dengan orang lain inilah yang mendorong terjadinya hubungan sosial.

2. FAKTOR EKONOMI
Secara ekonomi, manusia memiliki berbagai macam kebutuhan, dan kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi secara sendiri. Dengan demikian dibutuhkan kejasama antar manusia sehingga saling tetpenuhi kebutuhannya.
Dengan kata lain, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, kita akan melakukan hubungan sosial dengan orang lain.

3. FAKTOR PENDIDIKAN
Manusia mempunyai kebutuhan akan rasa ingin tahu. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi melalui pendidikan. Sehingga untuk memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian diperlukan hubungan sosial

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FAKTOR PENDORONG TERJADINYA HUBUNGAN SOSIAL - IPS SMP KELAS 8"

Post a Comment