Halo sobat medolsapedia...., Melihat, mencari dan bertindak terhadap peluang yang tersedia adalah salah satu karakteristik dari pengusaha sukses dimanapun. Konsep-konsep tersebut merupakan dasar untuk memulai dan mempertahankan usaha bisnis yang sukses. Hal ini tidak hanya melibatkan menghasilkan ide dan mengenal peluang, tetapi juga menyaring dan mengevaluasi peluang untuk menentukan usulan yang paling mungkin dan menarik untuk dipilih. Setelah kita membahas karakteristik dari pengusaha yang sukses diatas, pasti awalnya mereka harus menentukan peluang usaha yang ingin mereka pilih.
Baca Juga:
1.Apa yang dimaksud dengan peluang usaha ?
Peluang usaha atau bisnis dapat dijelaskan sebagai ide/gagasan yang menarik atau usulan bisnis yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi investor atau orang yang berani mengambil resiko. Peluang seperti itu diwakili oleh persyaratan pelanggan yang menuju penyediaan suatu produk atau jasa yang menciptakan atau menambahkan nilai bagi pembelinya atau pengguna akhir.
Bagaimana juga, suatu ide yang bagus belum tentu merupakan peluang bisnis yang baik. Sebagai contohnya, anda menciptakan produk yang bagus dari segi teknis namun pasar belum siap untuk produk tersebut. Atau ide itu masuk akal, tetapi tingkat persaingan dan sumber daya yang dibutuhkan sedemikian rupa sehingga tidak layak untuk dilanjutkan. Kadang-kadang bahkan ada pasar yang siap untuk ide itu , tetapi pengembalian investasi tidak dapat diterima. Untuk ditekankan lebih lanjut, pertimbangan fakta bahwa lebih dari. 80% dari semua produk baru gagal. Memanag bagi para investor atau penanam modal, ide itu terlihat bagus, namun jelas tidak tahan uji terhadap pasar.
Jadi, apa yang mengubah suatu ide menjadi suatu peluang usaha? Jawaban yang sederhana adalah bila pendapatan melebihi biaya=laba. Dalam praktek, usaha menyeluruh anda harus memeriksa faktor-faktor terdapat dan digambarkan dibawah.
2. Karakteristik dari Peluang Usaha yang Bagus
Untuk dapat disebut bagus, suatu peluang usaha harus memenuhi atau mampu memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
- Permintaan yang nyata, yaitu merespon kebutuhan yang tidak dipenuhi atau mensyaratkan pelanggan yang mempunyai kemampuan untuk membeli dan dapat memilih.
- Pengembalian investasi (return on investment), yaitu memberikan hasil dalam waktu yang lama, tepat waktu, dan layak untuk resiko dan usaha yang dikeluarkan.
- Kompetitif, yaitu sama dengan atau baik dari sudut pandang pelanggan dibanding dengan produk atau jasa lain yang tersedia (mampu bersaing).
- Mencapai tujuan, yaitu memenuhi tujuan dan aspirasi dari orang atau organisasi yang mengambil resiko.
- Ketersediaan sumber daya dan keterampilan, yaitu terjangkau oleh pengusaha dari segi sumber daya, kompetensi, persyaratan hukum dan lain-lain.
- Sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen..
Kesimpulan
Suatu peluang usaha yang baik adalah peluang usaha yang memenuhi karakteristik dari suatu peluang usaha yang bagus seperti yang telah dibahas diatas, sesuai dengan selera atau keinginan konsumen serta memang dibutuhkan pada masa tersebut sampai masa mendatang. Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai merintis usaha kalian...:b
Bagaimana sobat, apakah kalian setuju? Atau ada yang ingin ditambahkan? Jika ada saya tunggu di kolom komentar ya...
#Semoga Bermanfaat....
0 Response to "Pengertian Peluang Usaha dan Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Bagus"
Post a Comment