Pengertian Wawasan Nusantara

MedolsaPedia | Secara etimologis, Wawasan Nusantara berasal dari kata "Wawasan dan Nusantara", Wawasan berasal dari kata " Wawas"(bahasa jawa) yang berarti pandangan, tinjauan dan penglihatan indrawi. Wawasan berarti pula cara pandang dan cara melihat. Nusantara berasal dari kata "nusa" dan "antara" . Nusa berarti Pulau atau kesatuan kepulauan,"antara" berarti menunjukkan letak antara dua unsur. Jadi Nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak diantara dua benua dan dua samudra yakni Benua Asia dan Australia, dan dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Hindia.



   Secara sederhana Wawasan Nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya dan lingkunganya. Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan.

   Secara Terminologis, pengertian Wawasan Nusantara menurut beberapa pendapat sebagai berikut:
a). Menurut Prof .Wan Usman
   Cara pandang bangsa indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara Kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
b). Menurut GBHN 1998
   Cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkunganya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
c). Menurut Kelompok Kerja Wawasan Nusantara untuk diusulkan menjadi Tap.MPR, yang dibuat Lemhannas tahun 1999.
   Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkunganya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa ,kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.
d). Wawasan Nusantara sebagai geo politik Indonesia
   Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan kingkunganya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat,berbangsa ,dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Wawasan Nusantara"

Post a Comment