Hakikat Wawasan Nusantara

MedolsaPedia | Hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus perfikir ,bersikap ,dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara indonesia.


   Demikian juga dengan produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia tanpa menghilangkan kepentingan lainya, seperti kepentingan daerah ,golongan ,dan perorangan.

   Kita memandang bangsa Indonesia dengan Nusantara merupakan satu kesatuan. Jadi hakekat Wawasan Nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah Nasional. Dengan kata lain, hakikat Waeasan Nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah Nasional. Dalam GBHN disebutkan bahwa hakikat Wawasan Nusantara diwujudkan dengan menyatakan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

   Nah itulah artikel saya tentang Hakikat Wawasan Nusantara.
Semoga Bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hakikat Wawasan Nusantara"

Post a Comment