Asas Wawasan Nusantara

MedolsaPedia | Asas Wawasan Nusantara adalah ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi taatnya dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama. Apabila asas Wawasan Nusantara terabaikan ,komponen pembentuk kesepakatan bersama tersebut yang berarti tercerai-cerainya bangsa dan negara Indonesia ini.


a. Kepentingan yang sama
   Saat menegakkan dan merebut kemerdekaan, kepentingan bersama bangsa Indonesia ini menghadapi para penjajah secara fisik dari bangsa lainya. Sekarang , bangsa Indonesia harus menghadapi penjajahan yang berbeda. Misalnya dengan cara mengadu domba dan memecah belah bangsa dengan berdalih HAM, Demokrasi dan Lingkungan Hidup. Sementara itu, tujuan kepentinganya yakni sama untuk mensejahterakan dan rasa aman yang lebih baik ketimbang yang sebelumnya.

b. Keadilan
   Kesesuaian pembagian hasil yang adil, jerih payah dan kegiatan baik itu secara perorangan golongan ataupun daerah.

c. Kejujuran
   Keberanian untuk berfikir, berkata dan bertindak sesuai dengan realita serta ketentuan yang benar walaupun ketentuhan atau realita tersebut pahit, kurang enak didengar dan dirasakan. Demi terciptanya kebenaran dan kemajuan bangsa dan negara.

d. Solidaritas
   Diperlukan adanya kerja sama, mau memberi, dan rela berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budayanya masing-masing.

e. Kerja sama
   Adanya koordinasi, saling pengertian yang berdasarkan atas kesetaraan sehingga kerja kelompok, baik kelompok kecil ataupun kelompok besar dapat mencapai sinergi dengan lebih baik.

f. Kesetiaan
   Kesepakatan bersama untuk menjadi bangsa dan mendirikan negara Indonesia yang dimulai ,dicetuskan dan dirintis oleh Boedi Uetomo pada tahun 1907, Sumpah Pemuda pada tahun 1928 dan Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kesetiaan terhadap segala kesepakatan ini sangatlah penting dan menjadi tonggak utama terciptanya persatuan dan kesatuan didalam kebhinekaan. Apabila kesetiaan ini goyah,dapat dipastikan bahwa persatuan dan kesatuan akan hancur berantakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asas Wawasan Nusantara"

Post a Comment