Merti Dusun Ngetal 2019, Banyak Acara Menarik yang Sayang Dilewatkan

MedolsaPedia | Merti Dusun Ngetal 2019, Banyak Acara Menarik yang Sayang Dilewatkan


Sobat MedolsaPedia, setelah sukses dengan acara merti dusun ditahun 2017 dan juga dutahun 2018 lalu. Dusun Ngetal kembali menggelar acara merti dusun yang akan dilaksanakan dibulan Agustus 2019 ini. Namun sebelum saya lanjutkan artikel ini, apakah sobat sudah tahu dimana Dusun Ngetal itu sendiri? Oke, Dusun Ngetal adalah Dusun kecil yang beralamatkan lengkap di Ngetal, Margoagung Seyegan Sleman Yogyakarta. Namun, walaupun Dusun ini kecil tetapi bisa dibilang mampu membuat acara merti dusun yang cukup meriah lho sobat. Ini dibuktikan dengan dengan suksesnya acara merti dusun ditahun-tahun sebelumnya. Kesuksesan acara tersebut tidak lepas dari kekompakan warga ngetal itu sendiri, terutama para pemudanya.

Baca Juga:



Merti dusun sendiri adalah sebuah tradisi dijawa yang merupakan perwujudan rasa syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rejeki. Salah satu bentuk rasa syukur tersebut diwujudkan dengan adanya gunungan yang berisi berbagai hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan dan sebagainya yang diarak keliling kampung yang nantinya akan diperebutkan masyarakat sekitar. Merti dusun juga bisa ditambah acara pengajian/hiburan lainya untuk memeriahkannya.

Ditahun 2017 lalu adalah pertama kali dusun Ngetal mengadakan acara merti dusun ini. Pada waktu itu bisa dibilang cukup meriah. Acara yang diadakan ditahun itu pun cukup banyak diantaranya adalah Pasar malam, 2 kali pentas Seni kobro dari Rodat Katri Siswo, Pengajian Akbar, Kirab Budaya dan masih banyak lagi. Pada tahun itu biaya yang dibutuhkan bisa mencapai 30 juta lebih kira-kira. Merti dusun di tahun 2018 pun tidak kalah meriah. Namun ditahun 2018 tidak ada Pasar malam seperti tahun sebelumya.

Lha bagaimana jika ditahun 2019 ini? Merti Dusun Ngetal pada tahun ini akan diadakan pada bulan Agustus ini. Lalu apa saja acara yang akan disajikan di acara merti dusun kali ini? Berikut adalah daftarnya..


Acara Merti Dusun berdasarkan pamflet diatas adalah sebagai berikut:

1. Jum'at 16 Agustus 2019, pukul 19.30 - Selesai
Pada tanggal ini adalah pembukaan dari acara merti dusun. (Genduri, Pengajian, Hadroh).

2. Minggu, 18 Agustus 2019 pukul 11.00 - Selesai akan ada pentas seni jathilan Laras Manunggal dari Beteng.

3. Sabtu, 24 Agustus 2019 pukul 19.30 - Selesai ada pentas seni Kobro Rodat Katri Siswo dari Ngetal.

4. Minggu, 25 Agustus 2019 pukul 15.00 - Selesai akan ada acara Kirab Budaya yang akan dimeriahkan dengan 10 bergodo dan 3 gunungan (Masih bisa tambah/kurang).

Nah sobat jika anda yang tinggal disekitar kecamatan Seyegan dan sekitarnya, sobat bisa menikmati berbagai acara yang akan diselenggarakan didusun Ngetal ini yang pastinya gak akan rugi. Saya kira itu dulu yang bisa saya sampaikan tentang acara merti dusun Ngetal yang akan diadakan ditahun 2019 ini, dan semoga bermanfaat.

#Salam Budaya...!











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merti Dusun Ngetal 2019, Banyak Acara Menarik yang Sayang Dilewatkan"

Post a Comment